Berita PetaniKemenkopUMKM Gandeng Petani Kabupaten Bogor Selenggarakan Pelatihan Vocational Bagi Pelaku Usaha Mikro...

KemenkopUMKM Gandeng Petani Kabupaten Bogor Selenggarakan Pelatihan Vocational Bagi Pelaku Usaha Mikro Bidang Kuliner

petani.id – (#SDMPetaniUnggul – Cisarua, 02/12/2021). Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KemenkopUMKM) kembali menggandeng Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia (Petani) Kabupaten Bogor untuk menyelenggarakan pelatihan vocational bagi pelaku usaha mikro bidang kuliner dengan ” Pelatihan Vocational Bagi Usaha Mikro di Sektor Kuliner di Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat “. Berlokasi di Cisarua, pada tanggal 30 Nopember sampai dengan 2 Desember 2021 pelatihan ini diikuti oleh 30 perempuan pelaku usaha mikro yang berasal dari 13 desa di Kabupaten Bogor. Peserta adalah para pelaku usaha mikro bidang kuliner pemula yang membutuhkan pembinaan lebih lanjut.

img 20211206 025519

“Sebelumnya kami (red: Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor) mengucapkan terima kasih kepada KemenkopUMKM yang telah memfasilitasi pelatihan ini di Kabupaten Bogor dan juga terima kasih kepada rekan – rekan DPC Petani Kabupaten Bogor yang telah menjembatani para pelaku UMKM di Kabupaten Bogor dengan KemenkopUMKM.” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor Asep Mulyana Sudrajat, “Bahwa kaum perempuan adalah pelaku usaha mikro yang paling survive, baik dalam keadaan krisis pandemi covid – 19 maupun dalam keadaan new normal. Oleh karena itu diharapkan para peserta dapat belajar dengan tekun agar dapat meningkatkan kualitas umkm di Kabupaten Bogor.” lanjut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor Asep Mulyana Sudrajat saat membuka kegiatan pelatihan (Cisarua, 30/11/2021).

Sementara itu, Ketua DPC Petani Kab. Bogor Susi Djalal dalam sambutannya memberikan semangat dan dorongan kepada peserta pelatihan dan menekankan bahwa pelaku usaha mikro mayoritas adalah kaum perempuan dan lebih dari 60% pelaku umkm adalah perempuan yang paling mampu dan kuat bertahan ditengah krisis.

“Usaha kecil mikro ini sangat strategis dalam peningkatan pembangunan ekonomi. Karena itu pemerintah dalam hal ini KemenkopUMKM sangat mendorong agar pelaku umkm terutama usaha mikro untuk meningkatkan kualitasnya baik dalam produk maupun sumber daya manusianya.” kata Kepala Bidang Pelatihan dan Pendampingan Sumberdaya Manusia (SDM) Mikro – KemenkopUMKM Aby Aldrin Bahony pada sambutan pembukaan pelatihan.

Pelatihan vocational bagi usaha mikro di sektor kuliner yang berlangsung pada tanggal 30 Nopember sampai dengan 2 Desember 2021 ini menghadirkan pemateri pelaku usaha mikro antara lain; Saudara Moch. Gozali alias Abah Singkong, Saudara Supardi Lee, Saudari Nita, Saudari Laksmini, Saudara Stanley dari PAHAMSEO dan Ketua DPC Petani Kab. Bogor Saudari Susy Djalal.

“Kami berterima kasih kepada para peserta yang sudah antusias dan tetap semangat belajar selama tiga hari tanpa lelah. Oleh karena itu, kami sebagai fasilitator pelatihan berharap agar peserta dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya. Bahkan menjadikan para pelaku umkm naik kelas, menjadi lebih tangguh lagi dalam menghadapi new normal.” kata Ketua DPC Petani Kab. Bogor Susi Djalal pada sesi penutupan acara pelatihan (Cisarua, 02/12/2021).

-. Laporan: Bidang Propaganda & Jaringan – DPC Petani Kabupaten Bogor.

-. Redaksi: Departemen Propaganda – Dewan Pimpinan Nasional Petani.

-. Editor: Bidang Propaganda & Jaringan – Dewan Pimpinan Nasional Petani.

- Advertisement -spot_img

More From UrbanEdge

BEDAH BUKU NOVEL MIJIL & PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA – BAGIAN KE-2

https://www.youtube.com/watch?v=lak_y65BTrw petani.id - Jumat 16 Februari 2024 bertempat di Ndalem...

BAGIAN KE-1 BEDAH BUKU NOVEL MIJIL & PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA

https://www.youtube.com/watch?v=jd_7b_V3gck Jumat 16 Februari 2024 bertempat di Ndalem Poenakawan Yogyakarta,...

BEDAH NOVEL MIJIL DAN PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA : UPAYA MENGINSPIRASI GENERASI MUDA UNTUK MENCINTAI BUDAYA NUSANTARA

petani.id - (#SDMPetaniUnggul - Yogyakarta, 18/02/2024). Unit Bisnis Strategis (UBS) www.petani.id bekerjasama...

Bedah Buku Novel MIJIL dan Performa Budaya di Jogja Istimewa

petani.id - Novel MIJIL kembali hadir menyapa para pecinta...

Webinar : Literasi dalam Menjaga Kesehatan Mental Gen Z dan Milenial

petani.id - (#SDMPetaniUnggul - Jakarta, 19/12/2023). Dalam rangkaian peringatan...

Webinar “Literasi dalam Menjaga Kesehatan Mental Gen Z dan Milenial”

petani.id - Dalam rangkaian peringatan Hari Anti Kekerasan Terhadap...

PETANI BOGOR RAYA BERSAMA DEMFARM MENJANGKAU MILENIAL MENJAGA KETAHANAN PANGAN

petani.id - (#SDMPetaniUnggul - Bogor, 01/12/2023). Dalam rangka memperingati...

PETANI Apresiasi Positif Keinginan Capres Ganjar Pranowo Mendata Petani

petani.id – (#SDMPetaniUnggul – Jakarta, 06/11/2023). Dewan Pimpinan Nasional...
- Advertisement -spot_img
WhatsApp chat