Berita petani.id Jawa TengahHalal Bi Halal Petani Kabupaten Grobogan: Membangun Persaudaraan Petani Cerdas Membumikan Pancasila

Halal Bi Halal Petani Kabupaten Grobogan: Membangun Persaudaraan Petani Cerdas Membumikan Pancasila

petani.id – (Grobogan, Minggu 23/06/2019). Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia (Petani) Kabupaten Grobogan dalam rangka silahturahmi sekaligus konsolidasi organisasi mengadakan acara halal bi halal di kediaman Ketua DPC Petani Kab. Grobogan Sonhaji, SE., SHi., berlokasi di Desa Kaliwenang, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah (Minggu, 23/06/2019). Selain pengurus dan anggota DPC Petani Kab. Grobogan, acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Umum Petani Satrio Damardjati, SP., dan juga Ketua DPW Petani Jawa Tengah Dumadi Tri Restiyanto, SE., M.Si.

Pada sambutannya Ketua DPC Petani Kab. Grobogan Sonhaji mengatakan bahwa dengan adanya DPC Petani Kab. Grobogan ini diharapkan mampu menjadi pemersatu masyarakat Petani di Kabupaten Grobogan.

“Kami (red: DPC Petani Kab. Grobogan) akan lebih berkonsentrasi pada konsolidasi pengurus dan anggota DPC Petani Kab. Grobogan agar lebih fokus bergerak secara aktif di tingkatan kelompok-kelompok Petani masing-masing dengan misi utama membangun persaudaraan Petani cerdas membumikan Pancasila akan cepat terealisasi khususnya di Kab. Grobogan ini.” kata Ketua DPC Petani Kab.Grobogan Sonhaji, SE., S.Hi.

Ketua Umum Petani Satrio Damardjati dalam acara menyampaikan bagaimana DPC Petani sebagai badan eksekutif organisasi tingkat kabupaten/kota (red: cabang) merupakan barisan terdepan pada tingkatan organisasi dikarenakan tugas DPC Petani selain melaksanakan kebijakan nasional organisasi dan ketentuan-ketentuan lainnya sebagaimana diamanahkan dalam Anggaran Dasar-Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) Petani juga bertugas dan atau berkewajiban untuk membangun dan atau membentuk Kelompok-kelompok Petani.

“Sebagaimana diamanahkan dalam AD-ART Petani bahwa DPC Petani bertugas dan berkewajiban untuk membangun dan membentuk kelompok-kelompok basis produksi Petani baik tingkat dusun, tingat desa, bahkan tingkat kecamatan baik itu Kelompok Petani Pembudidaya Ternak, Kelompok Petani Pemasaran Hasil dan lain-lainnya dengan tidak meninggalkan falsafah GOTONG ROYONG yang merupakan perwujudan dalam Membumikan Pancasila.” kata Ketua Umum Petani Satrio Damardjati yang juga merupakan aktivis ‘98 lalu kepada tim petani.id (Minggu, 23/06/2019).

Ketua Umum Petani juga berharap kepada semua pengurus dan anggota Petani bisa ikut terlibat aktif untuk mensukseskan program Presiden Joko Widodo periode ke dua ini yang lebih menitikberatkan pada Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) serta program lanjutan Perhutanan Sosial.

“Tentunya ini akan sangat menguntungan organisasi Petani khususnya DPC Petani Kab. Grobogan untuk bisa mengoptimalkan dalam mengambil hal-hal strategis yang bisa bermanfaat bagi pengurus, anggota, dan masyarakat Petani khususnya serta masyarakat luas umumnya di Kab. Grobogan ini.” jelas Ketua Umum Petani.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Petani Jawa Tengah Dumadi Tri Restiyanto menjelaskan secara organisasi Petani ini independent / berdiri sendiri, mandiri, berdikari, dengan falsafah Gotong Royong serta tidak berafiliasi dengan partai politik mana pun.

“Karena mandiri, berdikari dengan falsafah Gotong Royong inilah kami (red: DPW Petani Jawa Tengah) mampu mengkonsolidasikan 16 DPC Petani Kabupaten/Kota dari 35 Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Tengah. Memang ada yang mengatakan lambat, tetapi kami punya strategi lebih kepada menekankan mandiri, berdikari dengan falsafah Gotong Royong masyarakat Petani di Jawa Tengah supaya masyarakat Petani memiliki posisi tawar yang kuat dalam segala hal sehingga masyarakat Petani menjadi maju dan sejahtera. Seperti yang sudah disampaikan oleh Ketua Umum Petani, sekali lagi kami juga mengingatkan bahwa DPC Petani bertugas dan berkewajiban untuk membangun dan membentuk kelompok-kelompok basis produksi Petani sebagai akar kekuatan.” jelas Ketua DPW Petani Jawa Tengah Dumadi Tri Restiyanto kepada pengurus dan anggota DPC Petani Kab. Grobogan.

Acara halal bi halal dilanjutkan dengan diskusi antar pengurus dan anggota DPC Petani Kab. Grobogan agar bisa mengambil manfaat dan berbagi ilmu produksi maupun pengolahan dari hulu hingga hilir seperti budidaya penggemukan ayam jowo super (joper), budidaya hortikultura bawang merah, semangka dan pengolahan aneka pangan makanan ringan (snack).

-. Redaksi: Departemen Propaganda.
-. Liputan/Laporan: Bidang Propaganda dan Jaringan – DPC Petani Kab. Grobogan.
-. Editor: Bidang Propaganda dan Jaringan – Dewan Pimpinan Nasional Petani.

- Advertisement -spot_img

More From UrbanEdge

BEDAH BUKU NOVEL MIJIL & PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA – BAGIAN KE-2

https://www.youtube.com/watch?v=lak_y65BTrw petani.id - Jumat 16 Februari 2024 bertempat di Ndalem...

BAGIAN KE-1 BEDAH BUKU NOVEL MIJIL & PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA

https://www.youtube.com/watch?v=jd_7b_V3gck Jumat 16 Februari 2024 bertempat di Ndalem Poenakawan Yogyakarta,...

BEDAH NOVEL MIJIL DAN PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA : UPAYA MENGINSPIRASI GENERASI MUDA UNTUK MENCINTAI BUDAYA NUSANTARA

petani.id - (#SDMPetaniUnggul - Yogyakarta, 18/02/2024). Unit Bisnis Strategis (UBS) www.petani.id bekerjasama...

Bedah Buku Novel MIJIL dan Performa Budaya di Jogja Istimewa

petani.id - Novel MIJIL kembali hadir menyapa para pecinta...

Webinar : Literasi dalam Menjaga Kesehatan Mental Gen Z dan Milenial

petani.id - (#SDMPetaniUnggul - Jakarta, 19/12/2023). Dalam rangkaian peringatan...

Webinar “Literasi dalam Menjaga Kesehatan Mental Gen Z dan Milenial”

petani.id - Dalam rangkaian peringatan Hari Anti Kekerasan Terhadap...

PETANI BOGOR RAYA BERSAMA DEMFARM MENJANGKAU MILENIAL MENJAGA KETAHANAN PANGAN

petani.id - (#SDMPetaniUnggul - Bogor, 01/12/2023). Dalam rangka memperingati...

PETANI Apresiasi Positif Keinginan Capres Ganjar Pranowo Mendata Petani

petani.id – (#SDMPetaniUnggul – Jakarta, 06/11/2023). Dewan Pimpinan Nasional...
- Advertisement -spot_img
WhatsApp chat