Berita PetaniBerita petani.id Nasional
Trending

Telkom Group dan Petani Akan Mengembangkan petani.id Menjadi Market Place

“Kami akan terus melakukan koordinasi terkait dengan perjanjian kerjasama antara Telkom Group yang dalam hal ini diwakilkan oleh Telkom Divisi Wholesale Service (DWS) dengan Dewan Pimpinan Nasional Petani sebagai digital player yang memiliki platform petani.id.” kata Noor Mahmudah Moorcy Executive Account Manager perwakilan dari Telkom DWS (Telkom Group)

Petani.id

petani.id – (Jakarta, 10/04/2019) Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia (Petani) melalui Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Petani dengan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom Group) yang diwakilkan oleh Telkom Divisi Wholesale Service (DWS), PT. Finnet Indonesia (Telkom Group), PT. Fintek Karya Nusantara (LinkAja – Telkom Group) sepakat untuk mengembangkan petani.id menjadi market place sebagai langkah aksi programatik ‘Petani Go Digital’ antara Telkom Group dengan Petani di Jakarta (09/04/2019).

 Penggagas program ‘Petani Go Digital dan Optimalisasi petani.id sebagai Market Place Petani di Indonesia’ yang juga Operation Senior Manager (OSM) Telkom Regional Wholesale Service (RWS) IV Jawa Tengah – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Erna Wiyati mengatakan, “Latar belakang digagasnya program ini adalah dengan mempertimbangkan pesatnya pertumbuhan e-commerce di Indonesia sebesar 78 % di tahun 2018 yang merupakan tertinggi di dunia.

Namun kami prihatin melihat kenyataan masyarakat Indonesia mayoritas hanya menjadi konsumen di e-commerce. Kami melihat masyarakat Jateng-DIY yang bekerja di bidang pertanian jumlahnya cukup banyak sekitar 4,7 juta lebih berdasar data BPS 2018.

Mereka dapat dioptimalkan untuk berperan sebagai seller di e-commerce. Pilot project program ‘Petani Go Digital dan Optimalisasi petani.id sebagai Market Place Petani di Indonesia’ Telkom Group dengan Petani ini akan dilakukan di area kerja RWS – IV yaitu di area Jateng-DIY.

Petani di area Jateng-DIY berperan sebagai seller di pasar digital atau market place petani.id. Untuk buyer akan dibuka scopenya di seluruh area Indonesia. Diharapkan program ini akan meningkatkan kesejahteraan Petani Jateng-DIY dan meningkatkan pertumbuhan market agribisnis di Indonesia.” katanya kepada petani.id di Jakarta (Selasa, 09/04/2019).

“Kami akan terus melakukan koordinasi terkait dengan perjanjian kerjasama antara Telkom Group yang dalam hal ini diwakilkan oleh Telkom Divisi Wholesale Service (DWS) dengan Dewan Pimpinan Nasional Petani sebagai digital player yang memiliki platform petani.id.” kata Noor Mahmudah Moorcy Executive Account Manager perwakilan dari Telkom DWS (Telkom Group).

“Bukan sekedar mimpi, Insya Allah kami (red: Dewan Pimpinan Nasional Petani) bersama Telkom Group akan mewujudkannya dalam waktu dekat dan bukan tidak mungkin jika petani.id yang milik para Petani di Indonesia ini bisa dan mampu menjadi salah satu ‘unicorn’ dan siap bersaing dengan lainnya pada era digital ini.” kata Ketua Umum Petani Satrio Damardjati yang menyempatkan untuk hadir.

Dalam pertemuan ini juga membahas pengembangan petani.id akan kebutuhan seperti; Platform pembayaran E-commerce dari petani.id (Priority), Fitur multi-biller untuk add-on bagi petani.id dan Platform E-Wallet untuk petani.id dan sudah menjadi kesepakatan bersama pihak – pihak yang hadir setuju untuk memulai implementasi Finpay dan SOF (Source of Fund) yang lain untuk di integrasikan dengan website petani.id sebagai langkah awal kerjasama antara Telkom Group dengan Petani.

“Telkom Group dan Petani sepakat bahwa peran Finnet adalah sebagai Electronic Payment Gateway (Aggregator alat pembayaran Telkom Group – contohnya: Finpay, LinkAja).” kata Endang Fitri Akhiryanti Vice President Synergi PT. Finnet Indonesia (Telkom Group).

“Sesuai instruksi Ketua Umum Petani, dikarenakan kick off programatik ‘Petani Go Digital dan Optimalisasi petani.id sebagai Market Place Petani di Indonesia’ Telkom Group dengan Petani ini akan dilakukan di Jateng – DIY, maka kami (red: DPN Petani, DPW Petani Jateng beserta DPC Petani se-Jateng dan DPW Petani DIY beserta DPC Petani se-DIY) akan melakukan pendataan dan registrasi Petani area Jateng-DIY sebagai seller di petani.id sebagai marketplace seperti menentukan harga jual produk hasil produksi Petani jadi kami wajib memastikan validitas Petani sebagai seller terkait; ketersediaan produk, kualitas, dan pengirimannya. Lusa (Jumat, 12 April 2019) besok kami akan melakukan pertemuan lanjutan untuk membahas secara detail langkah-langkah strategi sebelum kick off program nanti.” kata Susilo Eko Prayitno Bendahara Umum Petani yang turut hadir dalam pertemuan sebagai juru bicara mewakilkan Dewan Pimpinan Nasional Petani.

-. Redaksi: Departemen Propaganda.
-. Liputan/Laporan: Departemen Jaringan.
-. Editor: Bidang Propaganda dan Jaringan – Dewan Pimpinan Nasional Petani.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
WhatsApp chat