Berita petani.id Jawa Tengah

Sosialisasi Gerakan Nasional Konsumsi Pangan Sehat Petani DIY

Asti juga menjelaskan secara detail Gerakan Nasional Konsumsi Pangan Sehat merupakan pangan sehat yang diproduksi dengan berbasis ekologi, yaitu dengan pemanfaatan sumber daya alam (red: bahan-bahan) yang ada di sekitar kita. Pangan sehat dapat dihasilkan dengan cara mengurangi bahkan tanpa menggunakan pestisida maupun pupuk kimia.

Petani.id

petani.id – (#SDMPetaniUnggul – Kota Yogyakarta, 20/08/2019). Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia (Petani) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan sosialisasi Gerakan Nasional Konsumsi Pangan Sehat salah satu misi Petani di Kelurahan Purwokinanti, Kecamatan Pakualam, Kota Yogyakarta – DIY. Turut hadir dalam pertemuan tersebut Tim Penggerak PKK Lurah Purwokinanti Dra. Ertiana Erna Hendrayani dan Ketua PKK Kelurahan Purwokinanti Dra Veronica Sri Esti Wuryani. Mereka senada mengatakan pentingnya asupan gizi yang baik dimulai sejak dalam kandungan agar perkembangan anak tumbuh dengan cerdas dan fisik sesuai dengan umurnya tidak stunting. Hal tersebut akan dikembangkan di PKK salah satunya pos yandu. Pada sosialisasi tersebut, Sekretaris DPW Petani DIY Asti Irwandiyah terlebih dahulu memperkenalkan tim DPW Petani DIY yang turut hadir Bendahara DPW Petani DIY Aknes Eny Suryani serta anggota Petani DIY Sri Astuti dan Maria Christina sambil melakukan pembagian salad salah satu pangan sehat diproduksi oleh Petani DIY yang dipasarkan melalui Warung Petani Darllos.

“DPW Petani DIY memiliki tiga badan otonom meliputi; Pos Advokasi Hukum dan HAM (PAHAM) Petani, Warung Petani dan Sekolah Petani Muda Darllos (SPMD). Ketiga badan otonom tersebut dapat dikembangkan di masyarakat, Sekolah Petani yakni SPMD tempat belajar anggota Petani khususnya dan masyarakat umumnya, dan Warung Petani tempat pemasaran produk yang dihasilkan anggota Petani khususnya dan masyarakat umumnya berupa produk segar maupun olahan pangan.” kata Sekretaris DPW Petani DIY Asti Irwandiyah dalam acara sosialisasi Gerakan Nasional Konsumsi Pangan Sehat di Kota Yogyakarta (Selasa, 20/08/2019).

Asti juga menjelaskan secara detail Gerakan Nasional Konsumsi Pangan Sehat merupakan pangan sehat yang diproduksi dengan berbasis ekologi, yaitu dengan pemanfaatan sumber daya alam (red: bahan-bahan) yang ada di sekitar kita. Pangan sehat dapat dihasilkan dengan cara mengurangi bahkan tanpa menggunakan pestisida maupun pupuk kimia.

“Kami (red: Petani DIY) melalui SPMD mempelajari bagaimana cara bertanam yang ramah lingkungan berbasis ekologi dengan pemanfaatan sumber daya yang ada di sekitar kita. Gerakan Nasional Konsumsi Pangan Sehat salah satu Misi Petani yang selaras dengan program dan misi Presiden RI Ir. Joko Widodo Pembangunan SDM Unggul yang kemudian menjadi program nasional Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr. Hasto Wardoyo mantan Bupati Kabupaten Kulonprogo.” jelas Asti.

Pada acara sosialisasi Gerakan Nasional Konsumsi Pangan Sehat selain pembagian salad salah satu contoh pangan sehat, juga dilakukan pengenalan produk hasil pertanian berbasis ekologi yang disambut antusias seluruh peserta. DPW Petani DIY akan bersinergis dengan pihak Kelurahan, Tim Penggerak PKK dan masyarakat umum untuk ke depannya.

-. Liputan / Laporan: Biro Propaganda & Jaringan – DPW Petani DIY.

-. Redaksi: Departemen Propaganda.

-. Editor: Bidang Propaganda & Jaringan – Dewan Pimpinan Nasional Petani.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
WhatsApp chat