Berita PetaniSinergisitas Petani Kabupaten Bogor Bersama KemenkopUMKM Dalam Mengembangkan Usaha Mikro Sektor Kuliner...

Sinergisitas Petani Kabupaten Bogor Bersama KemenkopUMKM Dalam Mengembangkan Usaha Mikro Sektor Kuliner Dari Olahan Hasil Pertanian

petani.id – (#SDMPetaniUnggul – Ciawi, 12/11/2021). Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia (Petani) Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KemenkopUMKM) pada tanggal 5 sampai 7 November 2021 melakasanakan pelatihan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak dibidang kuliner dari olahan hasil pertanian dengan tema “Pelatihan Vocational Bagi Usaha Mikro Sektor Kuliner”. Bertempat di Chevilly Resort and Camp Ciawi, Kabupaten Bogor – Provinsi Jawa Barat, pelatihan yang diikuti oleh 30 peserta perempuan pelaku UMKM dari kota dan kabupaten Bogor, tidak ketinggalan Perempuan Indonesia Mandiri (PIM) tercatat lebih dari 10 orang peserta kegiatan yang mendaftar juga ikut menjadi peserta pada kegiatan ini.

whatsapp image 2021 11 12 at 17.54.12 (2)
whatsapp image 2021 11 12 at 17.54.12 (3)

“Sebelumnya kami ucapakan selamat datang kepada para peserta dan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kepala Dinas Koperasi & UMKM Kabupaten Bogor Bapak Asep Mulyana Sudrajat, SH., Kepala Bidang Pelatihan dan Pendampingan Sumberdaya Manusia (SDM) Mikro – KemenkopUMKM Bapak Aby Aldrin Bahony dan Asisten Deputi Pengembangan Kapasitas Usaha Mikro – KemenkopUMKM Bapak Hariyanto, S.Sos., MM., yang sudah bersedia hadir dan membuka acara pelatihan pengembangan bidang kuliner dari olahan hasil pertanian ini. Kami dari DPC Petani Kab. Bogor bersama dengan Dinas UMKM Kab. Bogor dan juga KemenkopUMKM sepakat bahwa kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelaku UMKM dan membangun UMKM labih maju dan tangguh.” kata Ketua DPC Petani Kab. Bogor Susi Djalal saat memberikan kata sambutan pembukaan acara (Ciawi, Jumat 05/11/2021).

Ketua DPC Petani Kab. Bogor yang juga memberikan materi wirausaha dan pembangunan karakter (character building) juga menambahkan kepada tim petani.id ada beberapa materi penting dalam pelatihan ini seperti materi pelatihan berupa inovasi dan marketing yang dibagikan oleh tim fahamseo. Kapala Dinas Koperasi & UMKM Kabupaten Bogor Bapak Asep Mulyana pun memberikan materi tentang legalitas wirausaha. Untuk materi tentang permodalan dan cara peminjaman modal melalui sektor perbankan dibawakan oleh Bapak Mulyadi dari KSPPS Tadbiirul Ummah. Materi tentang wirausaha yang baik dan packaging dibawakan oleh Bapak Supardi Lee. Bapak Gozali atau yang terkenal dengan Abah Singkong memberikan vokasi cara membuat tepung mocaf. Bendahara DPC Petani Kab. Bogor Laksmini juga turut membagikan materi cara menanam sayuran dan buah dari hasil limbah dapur.

“Pelatihan vocationa bagi usaha mikro bidang kuliner ini disambut hangat oleh para peserta dan berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas SDM maupun kualitas produk para peserta. Sebab, baru kali ini pelatihan sejenis yang materinya lengkap sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha mikro. Kami (red: DPC Petani Kab. Bogor, Dinas Koperasi & UMKM, KemenkopUMKM) bersinergisitas selalu untuk memberikan semangat kewirausahaan kepada para peserta agar peserta yang memang pelaku usaha mikro menjadi kuat, tangguh dan luar biasa sesuai dengan motto UMKM.” tutup Ketua DPC Petani Kab. Bogor didampingi Kepala Bidang Pelatihan dan Pendampingan Sumberdaya Manusia (SDM) Mikro – KemenkopUMKM Bapak Aby Aldrin Bahony pada acara penutupan acara kegiatan.

-. Laporan: Bidang Propaganda & Jaringan – DPC Petani Kabupaten Bogor.

-. Redaksi: Departemen Propaganda – Dewan Pimpinan Nasional Petani.

-. Editor: Bidang Propaganda & Jaringan – Dewan Pimpinan Nasional Petani.

- Advertisement -spot_img

More From UrbanEdge

BEDAH BUKU NOVEL MIJIL & PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA – BAGIAN KE-2

https://www.youtube.com/watch?v=lak_y65BTrw petani.id - Jumat 16 Februari 2024 bertempat di Ndalem...

BAGIAN KE-1 BEDAH BUKU NOVEL MIJIL & PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA

https://www.youtube.com/watch?v=jd_7b_V3gck Jumat 16 Februari 2024 bertempat di Ndalem Poenakawan Yogyakarta,...

BEDAH NOVEL MIJIL DAN PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA : UPAYA MENGINSPIRASI GENERASI MUDA UNTUK MENCINTAI BUDAYA NUSANTARA

petani.id - (#SDMPetaniUnggul - Yogyakarta, 18/02/2024). Unit Bisnis Strategis (UBS) www.petani.id bekerjasama...

Bedah Buku Novel MIJIL dan Performa Budaya di Jogja Istimewa

petani.id - Novel MIJIL kembali hadir menyapa para pecinta...

Webinar : Literasi dalam Menjaga Kesehatan Mental Gen Z dan Milenial

petani.id - (#SDMPetaniUnggul - Jakarta, 19/12/2023). Dalam rangkaian peringatan...

Webinar “Literasi dalam Menjaga Kesehatan Mental Gen Z dan Milenial”

petani.id - Dalam rangkaian peringatan Hari Anti Kekerasan Terhadap...

PETANI BOGOR RAYA BERSAMA DEMFARM MENJANGKAU MILENIAL MENJAGA KETAHANAN PANGAN

petani.id - (#SDMPetaniUnggul - Bogor, 01/12/2023). Dalam rangka memperingati...

PETANI Apresiasi Positif Keinginan Capres Ganjar Pranowo Mendata Petani

petani.id – (#SDMPetaniUnggul – Jakarta, 06/11/2023). Dewan Pimpinan Nasional...
- Advertisement -spot_img
WhatsApp chat