Berita PetaniPETANI dalam Bursa Inovasi Desa Bergerak Membangun dan Mendorong Kreativitas Pembangunan Desa

PETANI dalam Bursa Inovasi Desa Bergerak Membangun dan Mendorong Kreativitas Pembangunan Desa

petani.id – Dalam rangka peningkatan kualitas SDM, peningkatan kesejahteraan ekonomi dan juga pembangunan infrastruktur, maka Penyelenggaraan Bursa Inovasi Desa yang merupakan bagian dari kegiatan Program Inovasi Desa ini menjadi salah satu hal penting untuk dilaksanakan sebagai sarana bagi desa dalam mendapatkan informasi jenis inovasi yang dapat dikembangkan sesuai dengan potensi desa.

Hal ini bertujuan untuk mendesiminasikan informasi pokok terkait Program Inovasi Desa (PID) dan Hibah Dana Desa; memperkenalkan inisiatif atau inovasi di Desa, menjaring komitmen Pemerintah Desa, membantu Desa meningkatkan kualitas pembangunan, serta memberi inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan bagi pembangunan Desa.

 Bupati Bantul, Drs. H. Suharsono pada Pembukaan Bursa Inovasi Desa. Di Pendopo Kelurahan Trimulyo, Kec. Jetis, Kamis, 8 November 2018 berharap agar para kades dan BPD yang terlibat aebagai peserta dapat mengamati, meniru dan memodifikasi berbagai jenis kegiatan yang  inovatif yang dipamerkan dalam Bursa Inovasi Desa ini, sehingga pemanfaatan dana desa dapat terserap maksimal dan terarah, juga kaya inovasi dan kreativitas sesuai kebutuhan masyarakat.

Bupati Bantul menambahkan bahwa Program Inovasi desa harus  mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif karena Program Inovasi Desa merupakan salah satu bentuk dukungan kepada Desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya guna mendukung pelaksanaan program Makaryo Bangun Desa, maka perlu memberikan perhatian khusus pada aspek sumber daya manusia, sebagai subjek maupun objeknya. Infrastruktur teknologi informasi dalam skala kecil operasional administrasi desa perlu segera dirintis secara mandiri, sehingga nantinya akan mampu bersinergi dengan pembangunan infrastruktur jaringan internet. Dari aspek kualitas pelayanan, Pemerintah desa dituntut mampu memanfaatkan teknologi untuk melayani masyarat, sehingga dengan slogan “people always on” dapat melayani kapanpun dan di manapun.

Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia (PETANI) melalui Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PETANI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) turut ambil bagian di bidang Sumber Daya Manusia yang diwakilkan oleh Ari Kusharyono selaku Wakil Sekretaris DPW PETANI DIY serta Kawiyono selaku Wakil Ketua Propaganda dan Jaringan DPW PETANI DIY, mendampingi kelurahan yang memerlukan arahan, guna membangun di wilayahnya, dengan memberikan pandangan program DPW PETANI DIY tentang Area Wisata Edukasi Terpadu (AWET) dan manajemen pengolahan limbah menjadi daya tarik tersendiri di dalam bursa Inovasi Desa

Pada momen tersebut juga di hadiri perwakilan dari Kementrian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi, Prof. DR. H. Haryono Suyono dan Perwakilan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat DIY, dalam pidatonya Haryono menyampaikan perlunya peran aktif antara masyarakat dengan pemerintah desa guna pelaksanaan setiap program yang sudah di setujui bersama. Dalam acara tersebut juga di lakukan pemberian bantuan kepada 10 desa yang masing-masing sebesar 50 juta rupiah per desa untuk membantu pengembangan desa tersebut. Acara di tutup setelah diadakan pengisian dan penyerahan formulir komitmen dan ide gagasan untuk pembangunan oleh para peserta Bursa Inovasi Desa.

(Red: Biro Propaganda dan Jaringan DPW PETANI DIY).

- Advertisement -spot_img

More From UrbanEdge

BEDAH BUKU NOVEL MIJIL & PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA – BAGIAN KE-2

https://www.youtube.com/watch?v=lak_y65BTrw petani.id - Jumat 16 Februari 2024 bertempat di Ndalem...

BAGIAN KE-1 BEDAH BUKU NOVEL MIJIL & PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA

https://www.youtube.com/watch?v=jd_7b_V3gck Jumat 16 Februari 2024 bertempat di Ndalem Poenakawan Yogyakarta,...

BEDAH NOVEL MIJIL DAN PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA : UPAYA MENGINSPIRASI GENERASI MUDA UNTUK MENCINTAI BUDAYA NUSANTARA

petani.id - (#SDMPetaniUnggul - Yogyakarta, 18/02/2024). Unit Bisnis Strategis (UBS) www.petani.id bekerjasama...

Bedah Buku Novel MIJIL dan Performa Budaya di Jogja Istimewa

petani.id - Novel MIJIL kembali hadir menyapa para pecinta...

Webinar : Literasi dalam Menjaga Kesehatan Mental Gen Z dan Milenial

petani.id - (#SDMPetaniUnggul - Jakarta, 19/12/2023). Dalam rangkaian peringatan...

Webinar “Literasi dalam Menjaga Kesehatan Mental Gen Z dan Milenial”

petani.id - Dalam rangkaian peringatan Hari Anti Kekerasan Terhadap...

PETANI BOGOR RAYA BERSAMA DEMFARM MENJANGKAU MILENIAL MENJAGA KETAHANAN PANGAN

petani.id - (#SDMPetaniUnggul - Bogor, 01/12/2023). Dalam rangka memperingati...

PETANI Apresiasi Positif Keinginan Capres Ganjar Pranowo Mendata Petani

petani.id – (#SDMPetaniUnggul – Jakarta, 06/11/2023). Dewan Pimpinan Nasional...
- Advertisement -spot_img
WhatsApp chat