Berita petani.id Jawa BaratPETANI BOGOR RAYA BERSAMA DEMFARM MENJANGKAU MILENIAL MENJAGA KETAHANAN PANGAN

PETANI BOGOR RAYA BERSAMA DEMFARM MENJANGKAU MILENIAL MENJAGA KETAHANAN PANGAN

petani.id – (#SDMPetaniUnggul – Bogor, 01/12/2023). Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon pada tanggal 28 Nopember 2023, Demfarm bersama Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia (PETANI) Kabupaten Bogor serta Laboratorium Kedaulatan Pangan dan Agribisnis Kerakyatan (Lab. KPAK) PETANI Unit Bogor bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Pupuk Kaltim, melaksanakan workshop dan pelatihan mengangkat tema : “Membangun Ketahanan Pangan Dalam Menghadapi Perubahan Iklim Global”. Dengan judul pelatihan kali ini : “Langkah Kecil Berkebun Dari Rumah”, yang membahas cara bertani hidroponik dan aquaponik.

“Kondisi pangan dunia saat ini setelah perang Rusia dan Ukraina serta pegaruh politik di Timur Tengah akibat dari Perang Israel dan Hamas. Juga pengaruh perubahan iklim global berupa el-nino dan la- Nina yang sangat berpengaruh dalam pengadaan kebutuhan pangan dunia. Jadi beratnya masalah pengadaan pangan dunia dan ekonomi global akibat masalah masalah tersebut. Oleh karena itu, dengan workshop dan pelatihan ini sangat diharapkan bahwa peserta mampu mempersiapkan diri dan membangun ketahanan pangan minimal dalam sekala kecil keluarga.” papar Direktur International Trade Analisis And Policy Sudy – Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr. Sahara, SP., M.Si., saat membuka workshop dan pelatihan (Bogor, 28/11/2023).

Ketua DPC PETANI Kab. Bogor Susy Djalal pada workshop dan pelatihan ini selain memberikan praktek langsung juga mengajarkan bagaimana membangun ketahanan pangan melalui sebuah langkah kecil berkebun dari rumah, yaitu melalui usaha menanam sayuran dengan sistem aquaponik dan hidroponik sehingga melalui usaha kecil rumahan ini ketersediaan pangan keluarga tidak mengalami krisis.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memacu bangkitnya para Petani milenial untuk terlibat aktif membangun ketahanan pangan. Karena acara ini juga mempunyai tujuan untuk menarik kaum muda menjadi Petani.” jelas Ketua Demfarm Reza Giri Samudro, SE.

Workshop dan pelatihan “Langkah Kecil Berkebun Dari Rumah” ini diikuti oleh 25 peserta Petani Muda se-Kabupaten dan Kota Bogor. Peserta berharap agar ada kelanjutan yang kongkrit untuk membangun ketahanan pangan yang melibatkan kaum muda.

•> Laporan / Liputan : Bidang Propaganda & Jaringan – DPC PETANI Kab. Bogor.

•> Redaksi : Departemen Propaganda – Dewan Pimpinan Nasional PETANI. 

•> Editor : Bidang Propaganda & Jaringan – Dewan Pimpinan Nasional PETANI. 

- Advertisement -spot_img

More From UrbanEdge

BEDAH BUKU NOVEL MIJIL & PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA – BAGIAN KE-2

https://www.youtube.com/watch?v=lak_y65BTrw petani.id - Jumat 16 Februari 2024 bertempat di Ndalem...

BAGIAN KE-1 BEDAH BUKU NOVEL MIJIL & PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA

https://www.youtube.com/watch?v=jd_7b_V3gck Jumat 16 Februari 2024 bertempat di Ndalem Poenakawan Yogyakarta,...

BEDAH NOVEL MIJIL DAN PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA : UPAYA MENGINSPIRASI GENERASI MUDA UNTUK MENCINTAI BUDAYA NUSANTARA

petani.id - (#SDMPetaniUnggul - Yogyakarta, 18/02/2024). Unit Bisnis Strategis (UBS) www.petani.id bekerjasama...

Bedah Buku Novel MIJIL dan Performa Budaya di Jogja Istimewa

petani.id - Novel MIJIL kembali hadir menyapa para pecinta...

Webinar : Literasi dalam Menjaga Kesehatan Mental Gen Z dan Milenial

petani.id - (#SDMPetaniUnggul - Jakarta, 19/12/2023). Dalam rangkaian peringatan...

Webinar “Literasi dalam Menjaga Kesehatan Mental Gen Z dan Milenial”

petani.id - Dalam rangkaian peringatan Hari Anti Kekerasan Terhadap...

PETANI Apresiasi Positif Keinginan Capres Ganjar Pranowo Mendata Petani

petani.id – (#SDMPetaniUnggul – Jakarta, 06/11/2023). Dewan Pimpinan Nasional...
- Advertisement -spot_img
WhatsApp chat