Berita Petani

Peran Infrastruktur Telekomunikasi Bagi PETANI

Peningkatan infrastruktur telekomunikasi berkembang sesuai perkembangan jaman. Dimana perkembangan teknologi telekomunikasi juga mendorong peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Perkembangan teknologi telekomunikasi telah meningkat kesejahteraan dan pemerataan ekonomi baik desa dan kota.

Petani.id

petani.id – Infrastruktur sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama dalam hal distribusi produksi dan konsumsi. Sehingga dibutuhkan alat transportasi sebagai penghubung antar wilayah dan pelaku ekonomi. Maka peran infrastruktur transportasi dikembangkan oleh pemerintah dalam kaitannya pelayanan publik. Pembangunan infrastruktur dibutuhkan oleh masyarakat secara merata agar tidak terjadi kesenjangan kota dan desa. Sedangkan infrastruktur desa lebih dibutuhkan karena semakin besar peran pedesaan dalam mendorong kebutuhan perkotaan. Disamping jumlah penduduk desa di Indonesia cukup besar dan mayoritas adalah PETANI yang menyumbang konsumsi pangan bagi masyarakat sampai kapan pun.

Peningkatan infrastruktur transportasi semakin lama semakin didorong pula oleh infrastruktur telekomunikasi agar tercapai efisien dalam hal transportasi dan ekonomi.

Peningkatan infrastruktur telekomunikasi berkembang sesuai perkembangan jaman. Dimana perkembangan teknologi telekomunikasi juga mendorong peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Perkembangan teknologi telekomunikasi telah meningkat kesejahteraan dan pemerataan ekonomi baik desa dan kota.

Teknologi komunikasi merupakan kebutuhan masyarakat di era masyarakat konsumsi tinggi yang mendorong menuju peningkatan produksi dan produktivitas. Dimana tingkat pendapatan masyarakat yang tinggi diukur oleh pengeluaran yang tinggi berupa investasi, konsumsi dan pengeluaran pemerintah, yang juga didukung oleh peningkatan pajak serta penurunan subsidi serta peningkatan ekspor setelah terjadi surplus konsumsi dan mengurangi impor konsumsi dan meningkatkan impor barang investasi. Sehingga diakui atau tidak teknologi telekomunikasi adalah kebutuhan investasi saat ini disamping konsumsi. Investasi di tingkat pemerintah, swasta dan rakyat.

Perkembangan teknologi komunikasi berbasis digital diawali dengan teknologi ripiter, fiber optik dan telekomunikasi. Dan dari awal perkembangan teknologi ripiter yang tertua berkembang dengan fiber aktif dan menjadi satelit berkembang di Indonesia dengan biaya cukup besar dengan tingkat modal yang berbeda.
Penggunaan fiber optik yang merupakan investasi telekomunikasi pemerintah cukup besar harus dioptimalkan karena butuh modal besar dalam pembiayaan dan sudah mencapai ke pelosok pedesaan.

Sedangkan teknologi ripiter telah mengalami keterbatasan karena medan yang bervariasi dari ketinggian laut. Serta distribusi yang tidak merata karena faktor radiasi.

Dan semakin besar biaya sosial pemasangannya. Oleh karena itu kebutuhan penggunaan fiber optik untuk telekomunikasi sangat tepat saat ini untuk mendistribusikan informasi melalui teknologi yang sudah ada ke pelosok desa. Agar jaringan dan kecepatan informasi terjaga.

Karena informasi yang cepat akan melahirkan penghematan biaya, sehingga kesenjangan ongkos telekomunikasi pedesaan dan perkotaan cukup besar.
Indihome dan Indicorner dibimbing pedesaan cukup tepat sebagai bentuk fasilitas informasi dan telekomunikasi di pedesaan, sehingga memiliki akses yang lebih jauh jangkauannya.

Informasi yang lebih merata dibutuhkan karena informasi akan memeratakan pendidikan dan tercapai pemerataan kemakmuran. Dimana tidak terjadi kemakmuran tidak hanya didekati oleh rakyat yang dekat pusat kekuasaan dan pusat informasi lagi. Sehingga tidak tercapai kesenjangan dan asimetris informasi yang akan merugikan masyarakat desa dan pelosok yang jauh dari informasi.

(Sumber: Biro Propaganda dan Jaringan – DPW Petani Jawa Tengah / Red: Ketua DPW Petani Jawa Tengah)

Show More

Related Articles

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
WhatsApp chat