Berita Petani

Muskerwil Petani Sultra Programatik Petani Go Digital Mewujudkan Kedaulatan Pangan Berbasis Poros Maritim

Ketua DPW Petani Sultra Yusran dalam sambutannya mengatakan bahwa selepas acara Muskerwil DPW Petani Sultra ini akan melakukan pembenahan kelembagaan Petani Sultra sampai pada tingkat Gabungan Kelompok Petani (Gapoktan) se Sultra serta membangun kawasan percontohan di basis-basis produksi Petani.

Petani.id

petani.id – (Kendari, Jumat 14/12/2018). Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia (Petani) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan koordinasi dan konsolidasi Petani Sultra mengadakan Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) yang dilaksanakan di Hotel Plaza Inn Kendari pada Hari Jumat, 14 Desember 2018.

Ketua DPW Petani Sultra Yusran dalam sambutannya mengatakan bahwa selepas acara Muskerwil DPW Petani Sultra ini akan melakukan pembenahan kelembagaan Petani Sultra sampai pada tingkat Gabungan Kelompok Petani (Gapoktan) se Sultra serta membangun kawasan percontohan di basis-basis produksi Petani.

“Kami (red: Pengurus DPW Petani Sultra) akan turun langsung ke basis-basis produksi Petani untuk mengkonsolidasikan kelembagaan Petani mulai dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) sampai tingkat Gabungan Kelompok Petani (Gapoktan) se-Sultra sesuai arahan dan instruksi dari Ketua Umum Petani. Selain itu juga kami akan membangun kawasan Petani Go Digital untuk mewujudkan kedaulatan pangan di Sultra ini dengan berbasis pada poros maritim di Kabupaten Wakatobi. Makanya kami mengajak semua elemen terkait untuk Gotong Royong mewujudkannya.” katanya Ketua DPW Petani Sultra ini yang juga seorang santri.

Sementara itu, Ketua Umum Petani Satrio Damardjati yang juga turut hadir dalam acara ini mengatakan dalam sambutannya bahwa setelah empat tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo sudah banyak kemajuan yang kita rasakan di bidang maritim. Maka dari itu Petani berkomitmen membangun Petani Go Digital mewujudkan Kedaulatan Pangan Berbasis Kearifan Lokal Berbasis Poros Maritim pada Kawasan Timur Indonesia (KTI).

“Programatik Petani Go Digital yang di gagas melalui Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Petani merupakan salah satu langkah mewujudkan Kedaulatan Pangan BerKearifan Lokal Berbasis Poros Maritim pada Kawasan Timur Indonesia (KTI) adalah bentuk penegakan kedaulatan poros maritim. Diharapkan dengan programatik Petani Go Digital ini bisa meningkatkan kesejahteraan Petani Penangkap Ikan di basis-basis produksi dimana sebelumnya kehidupan Petani Penangkap Ikan, Petani Pembudidaya Ikan, Petani Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan yang sebelumnya susah dan rumit mendapatkan akses seperti perizinan usaha perikanan maupun pemasaran kedepannya jadi lebih mudah memproses perizinan usahanya dan dapat memangkas mata rantai pemasaran hasil produksinya karena Go Digitalisasi ini.

Selain itu dengan programatik Petani Go Digital ini diharapkan pembangunan kelautan bisa mampu meningkatkan daya saing, peningkatan pertumbuhan ekonomi inklusif, meningkatkan kesejahteraan Petani Penangkap Ikan dan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) secara berkelanjutan tanpa mengorbankam kelestarian sumberdaya dan ekosistem pesisir dan laut.” kata Ketua Umum Petani kepada petani.id di Plaza Inn Kota Kendari Jumat, 14 Desember 2018.

Muskerwil Petani Sultra ini ditutup dengan pelantikan dan pengukuhan Pengurus DPW Petani Sultra berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 018/A-1/SK/DPN-PETANI/XI/2018 Tentang Pengesahan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah PETANI Sulawesi Tenggara langsung oleh Ketua Umum Petani Satrio Damardjati.

(Red: Biro Propaganda dan Jaringan-DPW Petani Sultra)

 

Show More

Related Articles

2 Comments

  1. Turut bangga atas gagasan yang berwawasan jauh ke depan ini, dimana arti kemajuan di bidang pertanian dan peternakan (tentu secara umum juga termasuk sektor perikanan darat & laut) sudah direncanakan untuk berkaitan langsung dengan perwujudan Poros Maritim di Indonesia. Semoga pemanfaatan sarana komunikasi digital dan perwujudan pemeliharaan Pasar Tradisional juga dapat direkayasa agar dapat bertahan dari dominasi pasar global

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
WhatsApp chat