Berita PetaniKunjungan Rutin Pengurus Dewan Pimpinan Nasional Petani Ke Kelompok Petani Babakan Setu

Kunjungan Rutin Pengurus Dewan Pimpinan Nasional Petani Ke Kelompok Petani Babakan Setu

petani.id – (Bogor, 21/01/2019). Di sela-sela kesibukannya, Ketua Bidang Hukum dan Advokasi Kebijakan Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia (Petani) mewakilkan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Petani berkunjung ke lahan garapan Kelompok Tani Hutan (KTH) Babakan Setu, Rumpin Bogor. Para Petani sedang mengerjakan penanaman kacang tanah dengan sistem tumpang sari di lahan milik Balai Diklat Kehutanan (BDK) Rumpin. Antusiasme Petani yang tergabung dalam KTH tersebut sangat terasa dan terpancar dari keringat yang mengucur deras dari para Petani ketika di temui di lokasi.

Memanfaatkan suasana istirahat para Petani, Ridwan Darmawan berdiskusi dengan perwakilan Kelompok Petani yakni Ibu Ratnasari atau Ibu Imas dan Ketua KTH Babakan Setu Alex Budi Kuswara ditemani beberapa aktivis Petani lainnya.

Ridwan Darmawan selepas diskusi mengatakan, bahwa sangat mengapresiasi semangat Petani yang tergabung dalam KTH Babakan Setu dan dirinya siap bekerjasama untuk memajukan serta bermitra dengan para Petani.

“Saya sangat apresiasi sekali atas semangat kepeloporan Petani KTH Babakan Setu, ini senada dan searah dengan misi Petani yakni Gerakan Nasional Kaum Muda Bertani dan Bangga Jadi Petani.” kata Ridwan disela-sela diskusi bersama para Petani.

Dalam diskusi tersebut, tergambar apa saja yang menjadi kendala-kendala Petani khususnya di wilayah Kecamatan Rumpin, khususnya di Desa Rumpin. Dimana keterbatasan lahan menjadi persoalan utama, lahan pertanian yang dulu luas dan produktif, kini sudah hampir tidak Ada lagi, berganti dengan tambang dan menyusul nanti properti karena daerah penyangga Ibu Kota.

Ini menurut Ibu Imas harus menjadi prioritas penyelesaian, bagaimana memungkinkan Petani diberikan akses lahan yang memadai untuk bercocok tanam. Alex menambahkan bahwa potensi sumber daya alam Rumpin sangatlah berlimpah, Ia aktif di KTH dengan tekad dan semangat untuk mewujudkan kesejahteraan bagi warga Rumpin melalui pemanfaatan sumberdaya alam yang ada, agar warga Rumpin tidak hanya jadi penonton di kampung halamannya sendiri.

Ridwan menutup diskusi yang berjalan hampir 2 jam itu dengan menyatakan bahwa Petani melalui DPN Petani, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Petani Jawa Barat sampai Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Petani Kabupaten Bogor siap bekerjasama bersama Petani KTH Babakan Setu dan Petani KTH lainnya untuk mewujudkan Gerakan Nasional Kaum Muda Bertani dan Bangga Jadi Petani, programatik Petani Go Digital serta siap menjembatani persoalan yang menjadi keluhan Petani untuk disampaikan kepada para pihak terkait agar sudi kiranya mencari sekaligus merealisasikan solusi bagi para Petani di lapangan.

(Red: Bidang Propaganda dan Jaringan-DPN Petani)

- Advertisement -spot_img

More From UrbanEdge

BEDAH BUKU NOVEL MIJIL & PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA – BAGIAN KE-2

https://www.youtube.com/watch?v=lak_y65BTrw petani.id - Jumat 16 Februari 2024 bertempat di Ndalem...

BAGIAN KE-1 BEDAH BUKU NOVEL MIJIL & PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA

https://www.youtube.com/watch?v=jd_7b_V3gck Jumat 16 Februari 2024 bertempat di Ndalem Poenakawan Yogyakarta,...

BEDAH NOVEL MIJIL DAN PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA : UPAYA MENGINSPIRASI GENERASI MUDA UNTUK MENCINTAI BUDAYA NUSANTARA

petani.id - (#SDMPetaniUnggul - Yogyakarta, 18/02/2024). Unit Bisnis Strategis (UBS) www.petani.id bekerjasama...

Bedah Buku Novel MIJIL dan Performa Budaya di Jogja Istimewa

petani.id - Novel MIJIL kembali hadir menyapa para pecinta...

Webinar : Literasi dalam Menjaga Kesehatan Mental Gen Z dan Milenial

petani.id - (#SDMPetaniUnggul - Jakarta, 19/12/2023). Dalam rangkaian peringatan...

Webinar “Literasi dalam Menjaga Kesehatan Mental Gen Z dan Milenial”

petani.id - Dalam rangkaian peringatan Hari Anti Kekerasan Terhadap...

PETANI BOGOR RAYA BERSAMA DEMFARM MENJANGKAU MILENIAL MENJAGA KETAHANAN PANGAN

petani.id - (#SDMPetaniUnggul - Bogor, 01/12/2023). Dalam rangka memperingati...

PETANI Apresiasi Positif Keinginan Capres Ganjar Pranowo Mendata Petani

petani.id – (#SDMPetaniUnggul – Jakarta, 06/11/2023). Dewan Pimpinan Nasional...
- Advertisement -spot_img
WhatsApp chat