Berita PetaniBerita petani.id Jawa Tengah

Ikuti Lomba Masak, Petani DIY Kampanyekan Visi dan Misi Petani

"Kami menggunakan bahan yang mudah didapatkan seperti buah-buahan (nanas dan apel), dan daun kelor. Kami akan membuat menu yang berbeda dan belum terlalu familiar di lidah orang Indonesia khususnya Jogja", kata Anggota DPW Petani DIY Sri Astuti yang pada lomba ini menjadi asisten koki.

Petani.id

petani.id – (Sleman, Sabtu 27/04/2019). Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia (Petani) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendapatkan undangan khusus dari pemilik (owner) Dapur Warna untuk mengikuti lomba masak berbahan dasar ikan yang berlokasi di Dapur Warna, Desa Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, DIY (Sabtu, 27/04/2019). DPW Petani DIY yang diwakilkan oleh Sekretaris DPW Petani DIY Asti Irwandiyah dan Anggota DPW Petani DIY Sri Astuti meski tanpa persiapan, dengan penuh kegembiraan dan antusias mengikuti lomba tersebut.

 “Kali ini, kami hanya memanfaatkan bumbu yang ada di dapur dan membawanya ke tempat lomba. Resepnya pun kami diskusikan di tempat lomba.” kata Sekretaris DPW Petani DIY Asti Irwandiyah sebagai koki utama kepada tim petani.id ditengah persiapan lomba masak (Sleman, 27/04/2019).

Dalam lomba tersebut, juga disertai dengan lomba yel-yel yang diikuti oleh ibu – ibu PKK se-Desa Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, DIY. Di sela-sela lomba, para juri berkeliling melihat para peserta lomba mengolah bahan ikan yaitu ikan gurameh yang telah disediakan. Pada kesempatan ini, pemandu acara menggali bahan apa saja yang digunakan.

“Kami menggunakan bahan yang mudah didapatkan seperti buah-buahan (nanas dan apel), dan daun kelor. Kami akan membuat menu yang berbeda dan belum terlalu familiar di lidah orang Indonesia khususnya Jogja”, kata Anggota DPW Petani DIY Sri Astuti yang pada lomba ini menjadi asisten koki.

Perwakilan dari DPW Petani DIY mencoba menggali potensi lokal yang dipadukan dengan rasa (taste) internasional. Dengan waktu 1 jam yang disediakan oleh panitia cukup untuk membuat menu dengan nama ‘Gurame Mix Moringa by PETANI DIY’ mampu menarik perhatian 4 orang juri yang melakukan penjurian lomba tersebut. Sekretaris DPW Petani DIY Asti Irwandiyah saat penjurian menjelaskan bahwa DPW Petani DIY memiliki program yang sesuai dengan visi Petani ‘Kedaulatan Pangan Berbasis Kearifan Lokal dan Agribisnis Kerakyatan’ serta misi Petani yaitu ‘Gerakan Konsumsi Pangan Sehat’ dan ‘Kampanye Ikan Sebagai Sumber Protein dan Gizi Rakyat’.

“Kami mencoba berkreasi membuat menu yang berbeda, yang harapannya dapat disukai semua kalangan, baik anak muda maupun orang tua. Misi Petani ‘Gerakan Nasional Konsumsi Pangan Sehat’ dan ‘Kampanye Ikan Sebagai Sumber Protein dan Gizi Rakyat’ akan terus kami lakukan, salah satunya dengan mengikuti lomba masak ini.” jelas Sekretaris DPW Petani DIY Asti Irwandiyah.

Pada kesempatan lomba ini, DPW Petani DIY mendapatkan juara III, “Kami (red: Dapur Warna) menyambut baik pernyataan mbak Asti (red: Sekretaris DPW Petani DIY Asti Irwandiyah), kami juga siap untuk menjalin kerjasama dengan DPW Petani DIY, dan sangat senang dengan inovasi yang dilakukan” kata Ibu Lina pemilik (owner) Dapur Warna selaku tuan rumah dan penyelenggara kegiatan lomba ini.

-. Redaksi: Departemen Propaganda.
-. Liputan/Laporan: Biro Propaganda dan Jaringan – DPW Petani DIY.
-. Editor: Bidang Propaganda dan Jaringan – Dewan Pimpinan Nasional Petani.

[ecwid widgets=”productbrowser categories” default_category_id=”0″ default_product_id=”0″ minicart_layout=”MiniAttachToProductBrowser”]

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
WhatsApp chat