Berita petani.id Kota DumaiDampak Tidak Optimalnya Tata Kelola Air Mengakibatkan Banjir Lahan Pertanian Produktif Kelurahan...

Dampak Tidak Optimalnya Tata Kelola Air Mengakibatkan Banjir Lahan Pertanian Produktif Kelurahan Purnama Kota Dumai

petani.id – (#SDMPetaniUnggul – Dumai, 06/04/2020). Laboratorium Kedaulatan Pangan dan Agribisnis Kerakyatan (Lab. KPAK) Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia (Petani) Unit Riau dalam laporannya menyampaikan bahwa beberapa tahun ini selalu mengalami banjir genangan air pada musim penghujan selama mengelola dan berproduksi pangan budidaya tanaman holtikultura dan peternakan di lahan pertanian produktif Lab. KPAK Petani Unit Riau yang terdapat di RT 21, Kelurahan Purnama, Kota Dumai, Provinsi Riau yang mana merupakan lahan pertanian produktif penghasil bahan pangan untuk memasok kebutuhan produk pangan masyarakat Kota Dumai, Provinsi Riau.

“Kami (red: Lab. KPAK Petani Unit Riau) meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai dan para anggota Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Riau segera menyelesaikan tata kelola air yang sudah lama tidak diperhatikan dan tidak optimal ini menjadi momok serta berdampak merugikan Petani jika terjadi hujan karena lahan basis produkasi tergenang air sampai berhari – hari. Banjir genangan air juga terjadi merata di lahan pertanian produktif seluruh Kelurahan Purnama, Kota Dumai ini.” kata Kepala Lab. KPAK Petani Unit Riau Sahat Mangapul Hutabarat kepada petani.id di Kota Dumai, Provinsi Riau (Rabu, 06/04/2020).

Sementara itu, dua orang Petani anggota Lab. KPAK Petani Unit Riau yakni Teguh dan Rahman yang lahannya terkena dampak banjir genangan air terpaksa gigit jari mengalami kerugian sekitar Rp. 100.000.000 (Seratus Juta Rupiah) di lahan produktif yang ditanami timun, cabe, pakcoi, sawi, selada, pepaya, jambu madu, ternak sapi dan kambing. Karena bibit yang sudah ada dan disiapkan tidak bisa ditanam pada lahan yang sudah tergenang banjir.

“Lahan pertanian produktif di Kelurahan Purnama sekitar 17 hektar, untuk memasok kebutuhan holtikultura masyarakat Kota Dumai. Jika Tata kelola air ini tidak segera diselesaikan, pasokan holtikultura di Kota Dumai bisa terhambat. Selain itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memperingatkan jajarannya akan terjadi krisis pangan karena situasi wabah virus Corona dan musim panas yang akan lebih panjang di semester ke dua tahun 2020 ini. Jadi, kami atas nama Lab. KPAK Petani Unit Riau mendesak Pemkot Dumai dan para anggota DPRD Kota Riau untuk segera menyelesaikan tata kelola air agar lahan pertanian produktif di Kelurahan Purnama Kota Dumai tidak lagi banjir genangan air.” tegas Kepala Lab. KPAK Petani Unit Riau Sahat Mangapul Hutabarat.

-. Laporan / Liputan: Lab. KPAK Petani Unit Riau.

-. Redaksi: Departemen Propaganda – Dewan Pimpinan Nasional Petani.

-. Editor: Bidang Propaganda & Jaringan – Dewan Pimpinan Nasional Petani.

- Advertisement -spot_img

More From UrbanEdge

BEDAH BUKU NOVEL MIJIL & PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA – BAGIAN KE-2

https://www.youtube.com/watch?v=lak_y65BTrw petani.id - Jumat 16 Februari 2024 bertempat di Ndalem...

BAGIAN KE-1 BEDAH BUKU NOVEL MIJIL & PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA

https://www.youtube.com/watch?v=jd_7b_V3gck Jumat 16 Februari 2024 bertempat di Ndalem Poenakawan Yogyakarta,...

BEDAH NOVEL MIJIL DAN PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA : UPAYA MENGINSPIRASI GENERASI MUDA UNTUK MENCINTAI BUDAYA NUSANTARA

petani.id - (#SDMPetaniUnggul - Yogyakarta, 18/02/2024). Unit Bisnis Strategis (UBS) www.petani.id bekerjasama...

Bedah Buku Novel MIJIL dan Performa Budaya di Jogja Istimewa

petani.id - Novel MIJIL kembali hadir menyapa para pecinta...

Webinar : Literasi dalam Menjaga Kesehatan Mental Gen Z dan Milenial

petani.id - (#SDMPetaniUnggul - Jakarta, 19/12/2023). Dalam rangkaian peringatan...

Webinar “Literasi dalam Menjaga Kesehatan Mental Gen Z dan Milenial”

petani.id - Dalam rangkaian peringatan Hari Anti Kekerasan Terhadap...

PETANI BOGOR RAYA BERSAMA DEMFARM MENJANGKAU MILENIAL MENJAGA KETAHANAN PANGAN

petani.id - (#SDMPetaniUnggul - Bogor, 01/12/2023). Dalam rangka memperingati...

PETANI Apresiasi Positif Keinginan Capres Ganjar Pranowo Mendata Petani

petani.id – (#SDMPetaniUnggul – Jakarta, 06/11/2023). Dewan Pimpinan Nasional...
- Advertisement -spot_img
WhatsApp chat